Minggu, 29 September 2013

M. D. Solid: Game Edukasi yang Menyenangkan




Kalau pelajar-pelajar teknik mesin di jaman nenek moyang ke mana-mana mesti neteng kertas dan buku-buku dari subyek mekanika sehingga tampak seram, kini tidak harus begitu lagi karena paket-paket latihan subyek tersebut dapat dikantongi di laptop atau di flashdisk. Bukan dalam bentuk ulasan dan persamaan-persamaan, tetapi dalam bentuk GAME.

Halaman muka M. D. Solid

Tersebutlah M. D. Solid sebagai salah satu GAME yang mengkhususkan diri pada mekanika. Sama seperti game lain, ada tantangan bagi pemain untuk mencapai level ke sekian dalam permainan ini. Bias buat pamer2 teman hehe. Pemain mesti melewati level demi level untuk sampai pada level yang lebih tinggi.
Paket kecil game ini merupakan game flash. Yah, tipe yang ini tentu mudah ditangani oleh si insinyur pembuatnya secara mandiri tanpa perlu pengetahuan komputer yang njlimet. Mirip2lah dengan game kuis millionaire itu.
Misalnya paket untuk mengasah keterampilan membuat lingkaran mohr, ada level-level yang mesti dilewati untuk menuju level berikut. Level satu menantang pemain menjejakkan titik, level kedua meminta pemain menentukan pusat dan diameter lingkaran secara tepat, serta level selanjutnya untuk menentukan momen produk maksimum dan minimum. Setiap tahapan memiliki angka poinnya masing-masing, dengan poin tertinggi jika pemain bisa menyelesaikan soal lengkap.
Hal yang menyenangkan, anda bisa menyelesaikan soal ini dengan benar tanpa perlu bolak balik diskusi dengan teman atau pengajar karena benar tidaknya jawaban anda langsung diberitahu. Tambahannya, ada banyak ilustrasi grafis plus animasinya yang sangat membantu.
Semoga ke depannya ada paket game lain untuk kinematika dan dinamika, perpindahan panas, dan lainnya biar bisa download lagi….. Atau kalau memang sudah ada tolong bagi infonya yah…. (smpt)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar