Minggu, 22 September 2013

Efisiensi, Kemanan & Fleksibilitas dalam Desain Gudang

Update versi English pada 4 April 2013
Rak bergerak dan solusi terotomatisasi untuk penyimpanan dingin memberikan keuntungan ekonomis yang bagus untuk perusahan yang mencari model operasi yang selangkah lebih maju. Oleh Brian Miles, MD regional Schaefer Systems International.
Sejalan dengan keberadaan mereka yang terhindar dari krisis finansial global, sebagian besar negara-negara Asia kini berada dalam posisi ekonomi yang semakin kuat daripada sebelum krisis. Pendapatan perkapita meningkat, tingkat pengangguran menurun, dan sebagian besar dari negara-negara tersebut menunjukkan faktor pertumbuhan positif.
Mengimbangi peningkatan dimaksud, perusahan multinasional menaikkan produksi untuk menanggapi permintaan yang semakin besar. Dengan adanya pendapatan yang meningkat, perubahan gaya hidup pun berlangsung, termasuk dalam kebiasaan mereka memperoleh makanan.
Jumlah hari belanja bulanan di pasar basah sekarang telah diganti dengan kunjungan rutin ke unit penyimpanan dingin, sehingga penjualan bahan makanan dingin akan segera meningkat tajam.
Dalam rangka menyikapi peningkatan permintaan bahan makanan dingin, industri baru di bidang operator penyimpanan dingin mulai tumbuh di Asia. Para operator telah beranjak meninggalkan penggunaan unit bagunan khusus yang kecil dan mulai membangun unit multi-user dengan barang-barang yang tersimpan pada pallet dan sel-sel penyimpanan dingin yang beranekaragam untuk mengakomodasi luasnya jangkauan penyediaan bahan dingin dalam derajat temperatur yang bervariasi di bawah 30 derajat celcius.
Biaya operasi penyimpanan dingin dapat meningkat sebesar 10 kali biaya gudang biasa. Karena itu, perencanaan yang hati-hati sangat perlu untuk mendapatkan return yang optimal untuk investasi ini.
Desain fleksibel
Dengan adanya pertumbuhan rantai suplai bahan dingin, sejumlah operator penyimpanan dingin telah bergerak ke Asia, membawa serta dengan teknologi mutakhir mereka. Secara berbeda, sistem ini telah didesain untuk memaksimalisasi penggunaan yang telah ada dan dalam tinggi yang mungkin.
Ini berarti meninggalkan sistem rak konvensional seperti ‘rak dobel dalam’ dan ‘drive in’ serta menggantinya dengan sistem yang menyediakan peningkatan pallet terlokasi, termasuk fasilitas untuk kotak pengambilan individual jika perlu.
Kunci dalam mendesain penyimpanan dingin baru adalah merencanakan desain sistem penyimpanan dingin di medan site baru, dimana ukuran-ukuran tertentu dari satuan sistem penyimpanan dingin ini akan digunakan. Cukup mengejutkan bahwa sejumlah desain di meja gambar tidak memperhitungkan dimensi kritis dari sistem rak tersebut.
Operator-operator Eropa telah menyadari masalah ukuran ini. Sebagai contoh, sebuah penyimpan dingin 15000 pallet hanya membutuhkan sedikit lebih banyak daya listrik daripada penyimpanan dingin 30000 pallet pada temperatur yang sama, di mana kedua ruangan mempunyai jumlah pintu yang sama.
Penempatan pintu dan akses ke ruangan dingin dengan airlocks memaksa adanya konsumsi daya. Untuk penyimpan dingin dengan aktivitas tinggi, penggunaan konveyor pallet dapat mengirim pallet masuk dan keluar dari penyimpan dingin dengan operasi menggunakan cab truk hangat dapat mengurangi kehilangan udara dingin dan secara mendasar meningkatkan efisiensi operasional.
Penggunaan pintu personel yang lebih kecil dalam penyimpan yang makin besar kini telah menjadi ciri umum. Penemuan pintu reaksi cepat kualitas tinggi yang terbuka dan tertutup secara otomatis dapat mengurangi gerakan udara ke dalam ruang dingin dan mengubah formasi es.
Rak Pallet Bergerak
Sejauh ini, pilihan penyimpan yang paling populer untuk penyimpan dingin modern adalah rak pallet bergerak, dimana tumpukan dari rak pallet yang terseleksi ditumpukkan pada dasar penggerak yang dijalankan secara elektrik dan terpasang pada rel yang ditatahkan pada permukaan beton. Di Eropa, 80 persen penyimpan dingin menggunakan sistem rak bergerak.
Di Asia, pelanggan telah makin cepat mengapresiasi keunggulan dari sistem ini, ditunjukkan dengan hadirnya satu suplier yang telah membangun lebih dari 50 insitalasi di Asia selama lima tahun terakhir.
Dengan penggunaan rak pallet yang bisa disetel, pengguna akhir mempunyai 100 persen kemampuan menyeleksi setiap pallet dengan level pengambilan kotak yang lebih rendah. Walaupun dengan adanya ongkos pada akses lorong, dimana hanya ada satu lorong yang tersedia per blok, ini akan menyamai sekitar lima sampai delapan rak dobel entri.
Cara ini membutuhkan sejumlah taksiran yang hati-hati terhadap gerakan pallet dan syarat-syarat pengambilan pallet tiap jam atau hari, dimana satu truk dapat secara praktis bekerja di tiap lorong.
Dari kondisi operasi sebelumnya yang terlalu lambat, petugas kini melakukan kontrol operasi dengan frekwensi radio pada peralatan Penanganan Material (PM) yang memungkinkan rak dapat dipindahkan segera setelah truk memasuki lorong. Dengan rata-rata waktu yang lebih rendah dari satu menit untuk membuka kembali lorong berikutnya, siklus dobel pallet dengan 20 hingga 25 gerakan pallet per jam dapat dicapai.
Penggunaan rak pallet bergerak yang pernah dianggap sebagai salah satu pilihan yang mahal kini telah terbukti efektif biaya, terkhusus untuk site baru dimana ruangan dingin dapat dedesain untuk sesuai dengan kebutuhan syarat-syarat operasional optimum dari rak bergerak.
Semua biaya rak bergerak ada pada dua meter pertama. Karena itu, konsultan penyimpanan dingin harus mendorong pemaksimalisasian tinggi untuk penyetelan perlengkapan penanganan material (PM): secara tipikal lebih dari 12 m untuk mencapai operasi truk atau lebih dari 16 m untuk setiap lorong sempit. Panjang rak optimum adalah antara 30 sampai 40 m. Luncuran rak yang terlalu pendek akan membuat lebih banyak gerakan rak.

Aman dan Ramah Lingkungan
Rak bergerak sekarang ditawarkan dengan sejumlah besar fitur keamanan untuk melindungi orang yang melintas serta akses forklift. Ia dapat disesuaikan dengan fitur zona pengambilan otomatis yang dapat membawahi operasional lorong ke dalam dua atau tiga lorong pengambilan kotak yang lebih kecil.
Night parking adalah fitur lain yang memperkirakan kapan penyimpanan dingin tidak sedang beroperasi. Ia memungkinkan distribusi yang sama antara semua lorong untuk memperbolehkan aliran udara kalau rak sedang dalam keadaan tidak bergerak.
Fitur penting lain dari rak bergerak adalah bahwa penerangan lorong dapat disesuaikan dengan rak, yang mana hanya akan menyala ketika rak tersebut terbuka. Ini mengurangi penggunaan daya dan tenaga yang muncul dari timbulnya panas. Penggunaan energi tinggi dari lampu pijar 250 watt di samping fitting eternit 400 watt akan dapat menghasilkan pengurangan daya 200 watt untuk mengurangi adanya panas, hingga mampu mengurangi biaya penerangan dalam gudang di atas 80 persen.
Sementara aliran pemindahan rak menyisakan pilihan operasi yang menangani produk yang sangat beranekaragam dengan Unit Penanganan Stok (UPS) yang terbatas dan pengaturan Tiba Pertama Keluar Pertama (TPKP), biaya per lokasi pallet dapat dibatasi.
Kanal penyimpanan yang menggunakan operasi elektrikal satellite yang dioperasikan pada set dibawah rel pallet adalah pilihan yang bagus untuk solusi yang ekonomis. Satellite, yang dioperasikan oleh pemandu Penanganan Material (PM) dapat secara otomatis menyimpan sekaligus membuat sistem pencatatan keterangan dengan desain Tiba Pertama Keluar Terakhir (TPKT) dan Tiba Pertama Keluar Pertama (TPKP). Ada juga model acak dengan yang secara otomatis mengacak pallet dari posisi on load ke of load dan dapat melakukan penghitungan inventori dari nomor pallet yang tersimpan per kanal.
Selagi sebagian besar sistem menggunakan baterai isi ulang, sebuah sistem yang mampu bekerja dengan suplay daya langsung telah diperkenalkan. Konfigurasi ini cocok untuk gudang aktivitas tinggi yang beroperasi dua puluh empat jam sehari dan tujuh hari seminggu.
Baterai akan kehilangan sekitar 25 persen dari kapasitas dayanya ketika bekerja dalam temperatur ekstrim, sehingga alternatif ini populer dalam penyimpanan dingin, khususnya yang didesain dengan Penyimpanan Terotomatisasi dan Sistem Pencatatan Keterangan (PT&SPK).
Singapura telah mempunyai penyimpanan dingin yang tertinggi di Asia Tenggara yang lebih dari 30 m tingginya yang diubah ke PT&SPK. Sistem yang sama telah diinstalasi di Vietnam dan China, meskipun dengan tinggi yang tidak sama. Sistem ini menyediakan penyimpannan terotomatisasi penuh yang dapat bekerja 24 jam per hari. Ia dapat didukung dengan tunel pengambilan yang memungkinkan operator bekerja dalam level pengambilan kotak yang lebih rendah pada pallet atau konveyor sabuk. (smpt)

1 komentar:

  1. Terima kasih atas informasi yang diberikan.
    Izin kami beri informasi seputar mesin usaha untuk jualan bensin eceran.
    Mesin pom mini digital.
    Pengiriman ke seluruh Indonesia.
    Info : 082311159791
    Harga Pom Mini

    BalasHapus