Minggu, 15 September 2013

OTOMAT: Untuk Optimasi Fasilitas Anda!


Manajemen pergudangan telah makin teroptimasi dengan bantuan teknologi otomatisasi. Dari memonitor stok masuk dan stok keluar, menjejaki dan memeriksa konten, hingga meyakinkan bahwa stok ditangani dengan hati hati dan bila perlu disimpan pada kondisi lingkungan yang tepat. Seperti itu, telah ada sejumlah teknologi yang digunakan, seperti teknologi RFIS untuk menjejaki dan memonitor aliran kargo.  Dalam dunia yang makin terglobalisasi, kegiatan penjejakan menjadi sangat penting. Dengan pengertian sederhana, penjejakan mengoptimasi aliran stok serta menyampaikan tanda terima pengiriman yang terotomatisasi  kepada pihak pengirim.
Contoh lain penggunaan teknologi ini dijumpai pada industri pesawat. Dalam kasus tertentu, bagian-bagian yang berbeda dari sebuah pesawat misalnya sayap dan fuselage biasanya dibuat di lokasi yang berbeda sebelum digabung bersama dalam proses perakitan.
Sensor yang berdasarkan teknologi RFID telah digunakan untuk memonitor laju proses dalam sejumlah kasus, menunjukan berapa persentase setiap komponen mencapai tahap penyelesaiannya. Informasi ini memungkinkan kerjasama yang lebih baik antar fasilitas yang ada, dan secara terbatas memampukan pemanufaktur untuk mengambil komponen suku cadang pesawat sekaligus ketika ia mencapai tahap penyelesaian. Ini lebih disukai daripada mempunyai sebuah komponen yang diselesaikan dalam sebulan ke depan sementara komponen yang lain baru akan dibuat. Teknologi lain yang digunakan dalam manajemen pergudangan termasuk teknologi pengenal suara dan monitoring stok otomatis.
Dalam edisi IAA ini, kami sajikan artikel manajemen pergudangan, pemandu dan motor, eternet industi, teknik presisi dan sistem back-up daya. Seperti biasanya, kami menunggu komentar dan tanggapan balik dari pembaca.

Mark Johnson
Asisten editor IAA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar